Jumat, 07 Mei 2010

Waktu adalah Kehidupan

Kita sering mendengar istilah “ Time is Money “ atau “ Waktu adalah Uang “ , pernyataan ini benar bila diukur dengan materi, akan tetapi orang-orang yang memandang jauh ke depan mengatakan bahwa “ Waktu adalah Kehidupan “. Kehidupan di dunia ini merupakan waktu yang terbentang antara sejak kita lahir hingga sampai datangnya ajal menjemput ( kematian ).

Terkadang uang yang kita dapat bisa hilang atau habis begitu saja namun kita masih bisa mendapatkan kembali bahkan memperoleh berlipat ganda dari yang telah hilang tadi akan tetapi waktu yang telah hilang dan masa yang telah berlalu tidak mungkin dapat dikembalikan lagi. Dengan demikian waktu lebih berharga daripada uang bahkan lebih berharga daripada permata ataupun kekayaan seberapa pun karena ia adalah kehidupan itu sendiri.

Rosulullah SAW mengajarkan kepada kita tentang nilai waktu dan cara memanfaatkannya dalam berbagai hadistnya diantaranya :

Seorang hamba melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk dirinya, menggunakan dunia untuk kebahagiaan di akherat kelak, memanfaatkan masa muda sebelum masa tua dan mengoptimalkan kehidupan dengan berbuat baik sebelum datang kematian.

Waktu terus berputar tanpa kita rasakan maka manfaatkanlah waktu itu dengan sebaik-baiknya dan jangan menunda-nunda amal baik sebagai bekal di akherat nanti, semoga Allah memberikan taufiq kepada saya dan anda untuk melakukan yang diridhoi dalam waktu yang barokah dan istimewa. Amiiin

Tidak ada komentar: